PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL

ANITA NURHIDAYAT - NIM. 06680017, (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA SISWA KELAS X SMAN 3 BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul, dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X2 sebgai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol, yang diambil secara acak. Data diperoleh melalui lembar observasi dan metode tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data aktivitas dianalisis secara deskriptif dan data tes dianalisis dianalisis secara inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis secara deskriptif terhadap skor aktivitas siswa yang meliputi: mengemukakan pendapat, menerima pendapat orang lain, bekerjasama dengan kelompok, mengikuti presentasi, membuat catatan materi dan mengikuti proses pembelajaran dengan antusias menunjukkan bahwa persentase tiap-tiap aspek aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding aktivitas siswa pada kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap aktivitas pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Hasil uji t terhadap data posttest penguasaan konsep menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,039 0,05. Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap penguasaan konsep pada pembelajaran biologi pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria siswa kelas X SMA N 3 Bantul tahun ajaran 2010/2011. Dengan demikian model group investigation dapat dijadikan alternatif model pembelajaran terhadap aktivitas dan penguasaan konsep biologi siswa kelas X semester gasal SMA N 3 Bantul pada pokok bahasan Archaebacteria dan Eubacteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Aktivitas, Penguasaan Konsep.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:36
Last Modified: 01 Mar 2016 04:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item