PENGARUH MODEL LC 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen)

DAMAR SEPTIAN - NIM. 06690020, (2011) PENGARUH MODEL LC 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL LC 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL LC 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN REMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Quasi Eksperimen))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E (Elicite, Engange, Explore, Explain, Elaborate/ Expand, Evaluate, dan Extend) dibandingkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning dengan metode demonstrasi dan diskusi dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika siswa MAN Rembang tahun ajaran 2010/2011 pada materi elastisitas dan pegas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model Learning Cycle 7E dan variabel terikat berupa hasil belajar fisika siswa yaitu hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Rembang yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau sampel kelompok yaitu cara pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelompok kelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar tes yakni posttest dan lembar observasi yakni lembar observasi afektif dan lembar observasi psikomotorik siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan uji hipotesis terarah kanan yang dihitung dengan bantuan microsoft office excel 2007. Sebelum melakukan uji t, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang digunakan untuk melakukan uji t adalah hasil dari posttest dan lembar observasi. Dari hasil perhitungan diperoleh (1) pada pada ranah kognitif (dari hasil posttest) diperoleh thitung = 3,67 lebih besar dari ttabel = 1,99 dengan db = 62 pada taraf signifikansi 5%; (2) pada ranah afektif (dari hasil lembar observasi afektif siswa) diperoleh thitung = 2,13 lebih besar dari ttabel = 1,67 dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5%; (3) pada ranah psikomotorik (dari hasil lembar observasi psikomotorik siswa) diperoleh thitung = 6,38 lebih besar dari ttabel = 1,67 dengan db = 62 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: model Learning Cycle 7E
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 26 Mar 2013 11:17
Last Modified: 08 Dec 2016 06:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item