PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA

IRMA SULISTYANINGRUM , NIM. 06680004 (2015) PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Map terhadap Prestasi dan Kreativitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Depok 2010/2011 pada materi sistem gerak manusia, Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Randomized Pre test-Post test Control Group Design. Variabel bebas berupa metode pembelajaran Mind Map dan Konvensional.Variabel terikat berupa Prestasi belajar dan Kreativitas siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purpossive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dipilih menurut pertimbangan ahli, dengan kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan lembar angket kreativitas. Hasil analisis data penelitian menggunakan analisis Uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis Uji-t terhadap kreativitas siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Map bahwa siswa kelas eksperimen kreativitasnya lebih meningkat dengan rerata post-test kelas eksperimen 56,45 poin dan kelas kontrol 54,45 poin, kreativitas siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki beda Signifikan (p 0,05) = 0,000 0,05. Sedangkan penilaian secara persentase dalam kategori cukup (56%-75%) dan baik (76%-100%). Sementara itu, hasil prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pembelajaran sistem gerak manusia terjadi peningkatan, rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen 8,01 dengan kenaikan belajar 14 poin dan rata-rata nilai kelompok kontrol 7,28, kenaikan belajar sebesar 14,5 poin. Setelah pengujian statistic yaitu uji t ternyata tidak terdapat perbedaan signifikan (p 0,05) yaitu 0,772 0,05, antara kedua kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Mind Map berpengaruh terhadap kreativitas siswa, tetapi tidak signifikan pengaruhnya pada prestasi belajar. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Map, Kreativitas, Prestasi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 11:50
Last Modified: 07 Mar 2016 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item