PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA)

KHOLILURROHMAN, NIM. 03450460 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA) )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, SCHEMA) )
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jaringan pada tumbuhan. Peningkatan tersebut diupayakan denan penerapan metode pembelajarannya didasarkan pada teori APOS (Action, Processes, Object, and Schema). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan Teori APOS dapat terlaksana pada pembelajaran di kelas XI IPA MA Wahid Hasyim, serta mengetahui berapa jumlah siklus yang diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 pada sub pokok bahasan jaringan tumbuhan. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Data yang dikumpulkan adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan teori APOS. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui soal tes. Data aktivitas belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dan hasil belajar menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Teori APOS (Action, Processes, Object, and Schema) dapat terlaksana dengan cukup baik di Kelas XI IPA MA Wahid Hasyim, jumlah siklus yang diperlukan untuk mencapai peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa adalah 2 siklus. Aktivitas belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada kenaikan rata-rata aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dimana pada siklus I sebesar 15,76 naik menjadi 17, 59 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa pada tiap siklusya dengan effect size 0,47 pada siklus I dan 0,64 pada siklus II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Oct 2013 15:05
Last Modified: 02 Mar 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum