PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA

NUR SYIAM APRIANI - NIM. 06670001, (2011) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTHENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala penilaian authentik pada mata pelajaran kimia kelas x dengan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis metode studi kasus, dengan obyek penelitian adalah pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autenthik di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen sekolah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari berbagai sumber yang berbeda. Secara umum pelaksanaan penilaian authentik di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta cukup baik. Bentuk penilaian yang dilaksanakan mencakup penilaian autenthik di dalam kelas dan penilaian di luar kelas. Penilaian di dalam kelas antara lain kuis, pertanyaan lisan, presentasi, praktikum dan laporannya, dan ulangan harian. Penilaian autenthik di luar kelas antara lain karya siswa, tugas kelompok, PR, dan tugas individu. Sedangkan jenis tagihan yang digunakan guruuntuk dapat mengukur 3 ranah kompetensi belajar meliputi ranah kognitif berupa ulangan harian, ulangan tengah semester, ujian semester, dan ujian kenaikan kelas, ranah afektif berupa semua sikap, respon, pengumpulan tugas dan apresiasi peserta didik terhadap berlangsungnya pembelajaran, sedangkan untuk ranah psikomotorik meliputi keterampilan pada waktu praktikum dan tugas individu. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan penilaian authentik adalah masih adanya kelas gemuk/besar, peserta didik belum siap menerapkan kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktivitas secara menyeluruh, serta keterbatasan guru untuk berperan sebagai pengajar juga observer. Adanya penerapan pelaksanaan penilaian authentik didukung positif oleh kalangan guru, peserta didik juga pihak sekolah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: penilaian authentik (authentic assessment).
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item