PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

PAWIT RIYADI - NIM. 06680021, (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM POSING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Banguntapan tahun ajaran 2010/2011 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode cooperative learning tipe problem posing terhadap partisipasi dan hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Virus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan. Sampel penelitian adalah kelas X.2 sebagai kelas perlakuan dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk penilaian partisipasi belajar dan lembar soal tes untuk penilaian hasil belajar biologi siswa. Pengambilan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan dengan uji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode cooperative learning tipe problem posing berpengaruh secara signifikan terhadap partisipasi belajar biologi siswa dengan p = 0.000 lebih kecil dari 0.01 (p 0.01) pada taraf signifikansi 1% yang berarti hipotesis diterima, sedangkan penerapan metode cooperative learning tipe problem posing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok Virus kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, hal ini di dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh, yaitu thitung 1.570 dengan p = 0.122 lebih besar dari 0.01 (p 0.01) pada taraf signifikansi 1%, yang berarti hipotesis ditolak. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode, cooperative learning. problem posing, partisipasi, hasil belajar
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum