PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR

SITI FATIMAH - NIM. 06680022, (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Qiuz Team terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran biologi materi protista di kelas XA dan XG semester I MAN I Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Desain penelitian ini adalah Eksperimen Semu dalam dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kemampuan bertanya dan lembar Pre-test dan Pot-test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk kemampuan bertanya siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Data prestasi yang diperoleh dari hasil pre-test dan pos-test pertemuan I dan pertemuan II, dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Quiz Team pada materi protista dapat menambah kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa di MAN I Yogyakarta. Dapat dilihat dari jumlah siswa yang bertanya pada kelas eksperimen, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: isi atau materi pertanyaan, sifat pertanyaan dan cara bertanya. Setelah pembelajaran menggunaan model Kooperatif tipe Quiz Team terdapat perbedaan rerata nilai post-test untuk kelas kontrol yaitu sebesar 69.308 dan untuk kelas eksperimen rerata nilai Post-test untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 71.763. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan yang signifikan (P 0,05) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Untuk kelas yang menggunakan model kooperatif Quiz Team pertanyaan yang berhubungan dengan isi atau materi pertanyaan 62.2% (sangat tinggi), sifat pertanyaan 5.4% (sedang), penggunaan bahasa 32.4% (cukup), suara 24.3% (cukup), kesopanan 43.2% (cukup). Berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN I Yogyakarta. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Quiz Team, kemampuan bertanya, prestasi belajar.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum