PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT)

SITI KHAMIDAH - NIM. 06680006, (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di kelas X SMAN 2 Banguntapan Bantul pada mata pelajaran biologi materi Archaebacteria dan Eubacteria bertujuan untuk mengetahui partisipasi dan prestasi belajar biologi siswa di kelas dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament), serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain eksperimen nonequivalent control group pre-test post-test design. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan cara pertimbangan tertentu, yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan mengunakan lembar observasi partisipasi, lembar soal test dan angket tanggapan. Validitas instrument menggunakan validitas isi, dan validitas logis. Reliabilitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data untuk data partisipasi siswa dilakukan dengan menggunakan analisis secara deskriptif. Analisis data untuk data prestasi siswa dilakukan dengan menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasayarat analisis data, meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi dan prestasi belajar biologi siswa di SMAN 2 Banguntapan Bantul. Berdasarkan angket tanggapan, siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, partisipasi, dan prestasi belajar siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5996

Actions (login required)

View Item View Item