PROSES BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

DECA PUTRA UTAMA - NIM. 07410002, (2011) PROSES BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA TUNANETRA MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak tunanetra memiliki kesempatan yang sama dengan anak normal termasuk dalam pembelajaran PAI. Dalam kenyataannya pembelajaran anak tunanetra tidak dapat disamakan dengan anak normal. Ada cara khusus yang dilakukan guru agar siswa mampu untuk memahami pembelajaran PAI. Menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses belajar PAI siswa tunanetra, apa saja permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar PAI dan upaya siswa dalam menyelesaikan permasalahan belajar PAI siswa tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses belajar PAI bagi siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Proses Pendidikan agama Islam bagi siswa tunanetra MTs Yaketunis Yogyakarta. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) siswa MTs Yaketunis Yogyakarta sama saja seperti siswa pada umumnya, karena kurikulum yang digunakan sama di MTs Yaketunis sama dengan kurikulum yang digunakan di sekolah MTs pada umumnya dan juga proses dalam pembelajaran mengacu pada RPP. 2). Ada beberapa masalah yang dihadapi siswa MTs Yaketunis Yogyakarta dalam pembelajaran PAI, yaitu permasalahan yang pertama dari individu siswa hal ini disebabkan oleh latar belakang pendidikan siswa, permasalahan yang kedua dari materi PAI hal ini disebabkan karena minimnya media pembelajaran seperti buku buku pembelajaran yang belum dalam bentuk braille, dan permasalahan yang ketiga dari guru PAI karena pola pembelajaran yang monoton sehingga menyebabkan kurang semangatnya siswa dalam pembelajaran. 3). Upaya yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan belajar PAI yaitu pertama dari individu siswa dengan cara memperbanyak catatan, belajar dengan teman, belajar di perpustakaan, belajar dengan relawan, dan bertanya kepada guru. Kedua dari materi pembelajaran yaitu dengan cara disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Dan ketiga dari guru PAI dengan cara membentuk guru pembimbing, memahami siswa satu persatu, merekamkan materi pembelajaran, dan menggunakan strastegi dan metode pembelajaran. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar , Tuna netra
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 23 Jul 2013 18:16
Last Modified: 20 Mar 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum