EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010-2011

KHOIRIYYA NURLAILI - NIM. 07420041 , (2011) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INKLUSI BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI MAN MAGUWOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X MAN Maguwoharjo, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode tersebut, serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan sebuah analisis tingkat keefektifan metode terhadap kemampuan berbahasa siswa difabel netra di kelas-kelas inklusi. Adapun populasi penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 8 orang. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang ada telah efektif dengan adanya faktor-faktor yang mendukung yaitu menggunakan bilingual dalam pembelajaran, tape recorder sebagai salah satu media pembelajaran, dan kemauan siswa yang baik untuk belajar bahasa Arab. Walau demikian, masih ada juga faktor penghambat di antaranya yaitu minimnya sarana dan prasarana, pengetahuan dasar bahasa Arab, serta guru yang tidak mampu membaca dan menulis huruf braille. Dengan adanya hal ini, maka sekolah memberikan solusi untuk meminimalisasi hambatan yang ada dengan mengadakan BTAQ dan bekerjasama dengan pihak lain guna meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab , Tuna Netra
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2013 10:40
Last Modified: 05 Apr 2017 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item