STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA PEMULIHAN CITRA PERPAJAKAN

ZAKKI MUBAROK - NIM. 06730029 , (2011) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA PEMULIHAN CITRA PERPAJAKAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari terbongkarnya makelar kasus yang terjadi pada Direktorat Jenderal pajak mulai maret 2010 lalu, salah satu oknum yang mengatasnamakan salah seorang perpajakan telah mengelapkan uang pajak bernilai miliaran rupiah, akibat timbulnya kasus ini Direktorat Jenderal Pajak mengalami degradasi citra dan kepercayaan pada masyarakat, padahal sebelum kasus ini terjadi Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan suatu himbauan yang menarik dengan quot;hari gini belum bayar pajak, apa kata dunia? quot;. Dari permasalahan tersebut membuat penulis tertarik bagaimana upaya pemulihan citra perpajakan pasca terkuaknya makelar kasus yang terjadi di instansi perpajakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif qualitatif, subyek yang diteliti adalah dari Seksi Pelayanan, Penyuluhan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak Kantor wilayah Sleman DI. Yogyakarta, sedangkan obyek yang akan dikaji adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk memulihkan citra perpajakan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tiga aspek yakni; Dokumentasi, interview dan observasi. Direktorat Jenderal Pajak kantor wilayah sleman DI. Yogyakarta adalah yang terbesar dari kantor pelayanan pajak yang ada di DI. Yogyakarta, yang mana Direktorat Jenderal Pajak ini menaungi beberapa KPP di wilayah Yogyakarta lainnya seperti Bantul, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Sleman. Dalam kasus ini Bidang Pelayanan, Penyuluhan dan Humas menjadi ujung tombak untuk mengajak masyarakat agar membayar pajak nya. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menumbuhkan rasa sadar masyarakat tentang perpajakan, hal yang telah dilakukan oleh instansi ini adalah dengan menerapkan beberapa strategi seperti Tax Goes To School, Olimpiade Perpajakan, serta penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan untuk mengajak masyarakat memenuhi kewajiban membayar pajak demi pembangunan negara.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Strategi generik untuk mengatasi krisis pencitraan. Strategi yang telah digunakan yaitu mengatasi krisis adalah dengann menggunakan strategi adaptif dimana dalam strategi ini harus dilaksanakan untuk menjawab semua permasalahan yang terjadi. Strategi dan program-program yang dilakuan oleh Seksi Pelayanan, penyuluhan dan Humas pada direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah DI. Yogyakarta yang berfokus pada pengenalan, sosialisasi dan persuasi bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam perpajakan demi pembangunan negara. Program-program yang dijalankan dalam rangka kampanye tersebut diimplementasikan dalam dua kategori yang pertama program internal dan eksternal, yakni; In House Training, Training On Trainer, Aksi Simpatik Kampanye, Mengadakan Kegiatan Syawalan berupa kethoprak, Membuat Kompetisi Perpajakan (Olimpiade Perpajakan) antar SMA, Kampanye quot;Tax Goes To School quot;, Mendirikan Pojok Pajak, Melakukan Kerjasama Dengan Radio quot;MQ FM quot;, Kegiatan Pendonoran Darah, Hari Raya Qurban bersama Masyarakat, Ramadhan Orang Kantoran, dan Aksi Sosial Peduli Merapi div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Marfu'ah Sri Sanityastuti, M. Si.
Uncontrolled Keywords: public relations, pemulihan citra pajak, strategi adaptif
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 24 Jul 2013 17:08
Last Modified: 15 Dec 2016 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum