EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI

ANITA FITRIANINGRUM - NIM. 06600002, (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2014Kb)
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH IMOGIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make a Match dibandingkan dengan model Konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Imogiri pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make a Match dan variabel terikatnya berupa hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Imogiri sebanyak 4 kelas terdiri dari 113 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas dan diperoleh kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel independen (independent sample t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil posttest didapatkan rerata skor posstest kelas eksperimen sebesar 5,60 dan rerata skor posstest kelas kontrol sebesar 3,98. Dengan demikian pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan make a match lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Abrori, M.Kom., 2. Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Jigsaw, Make a Match, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:40
Last Modified: 06 Feb 2013 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6066

Actions (login required)

View Item View Item