EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA

DESI DWI RUSMANTO - NIM. 06680031, (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL GALLERY OF LEARNING TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN SISWA MTsN SUMBERAGUNG JETIS BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif model Gallery of Learning terhadap partisipasi dan prestasi belajar IPA Biologi pada materi sistem pencernaan makanan serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif model Gallery of Learning sebagai model dalam pembelajaran IPA Biologi siswa kelas VIII MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian matching pretest post-test control group. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas VIII MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta yang terdiri dari 2 kelas yang diambil secara non random dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi partisipasi belajar, lembar soal pre-test dan post-test, dan angket tanggapan siswa. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif model Gallery of Learning lebih efektif terhadap partisipasi dan prestasi belajar IPA Biologi pada materi sistem pencernaan makanan dibanding dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif model Gallery of Learning positif artinya siswa memiliki ketertarikan terhadap model pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Gallery of Learning,
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2013 11:03
Last Modified: 01 Mar 2016 05:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item