EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

KARTIKA NURFARIDA - NIM. 06600019, (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 pokok bahasan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan PBL dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta sebanyak 356 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan PBL lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan kriteria efektivitas hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan PBL lebih tinggi sebesar 16.03% dibanding pembelajaran konvensional. Sedangkan berdasarkan uji-t data posttest diperoleh Nilai Sig. (2-tailed) = 0,023 amp;#945; = 0,05 dan Thitung = -2,3190 - Ttabel = -2,3808

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. M. Wakhid Mustofa, M. Si. 2. Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pro3blem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:42
Last Modified: 14 Dec 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item