EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

NOVI PUSPARINI - NIM. 06600024, (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan variabel terikat berupa prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwanegara, Banjarnegara sebanyak 5 kelas terdiri dari 159 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dimana sampel dipilih berdasarkan kelas. Kelas VIII A dipilih sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Dari hasil pre-test dan post-test didapatkan kenaikan rata-rata nilai pre-test ke nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 20,152 dengan persentase 41,40% sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 14,339 dengan persentase 30,03%. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika dengan Thitung pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,990 sedangkan Ttabel sebesar 1,6708 yang berarti Thitung T tabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Estina Ekawati, M.Pd.Si. 2. Epha Diana Supandi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT) dan prestasi belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2013 17:51
Last Modified: 14 Dec 2016 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item