PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING

SITI FATIMAH, NIM. 07690025 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dengan Model Cooperative Learning Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) pada Pembelajaran Fisika (Study Kasus: Madrasah Tsanawiyah Plus Az-Zahro Cisumur Kabupaten Cilacap) )
BAB I, V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dengan Model Cooperative Learning Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) pada Pembelajaran Fisika (Study Kasus: Madrasah Tsanawiyah Plus Az-Zahro Cisumur Kabupaten Cilacap) )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan tanggapan pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC pada pokok bahasan getaran dan gelombang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Plus Az-Zahro Cisumur Kabupaten Cilacap. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling purposive, yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan Analisis Varian (Anava) Satu Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada ranah kognitif diperoleh Fhitung = 4,8 dengan Ftabel(5%) = 4,03. Pada ranah afektif diperoleh Fhitung = 7,35 dengan Ftabel(5%) = 4,03 dan pada ranah psikomotorik diperoleh Fhitung = 13,04 dengan Ftabel(5%) = 4,03. (2) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika yang menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC termasuk kategori baik dengan persentase 83%, dan tanggapan siswa yang menggunakan metode Small Group Discussion termasuk kategori cukup baik dengan persentase 77,5%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Thaqibul Fikri N., M.Si 2. Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Cooperative Learning, FSLC, Small Group Discussion.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2013 17:01
Last Modified: 08 Dec 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item