EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLINGO BANTUL

SRI PUJI LESTARI - NIM. 06600046, (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLINGO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN MODEL THINK-PAIR- SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLINGO BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM DENGAN MODEL THINK-PAIR- SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 DLINGO BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dlingo, Bantul, Yogyakarta pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dan VIII E semester 1 SMP Negeri 1 Dlingo tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil secara teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, kelas VIII B sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas IX A. Posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diberi perlakuan. Soal tes yang diberikan, terlebih dahulu telah diujicobakan di kelas uji coba. Berdasarkan uji normalitas, populasi berdistribusi normal sehingga uji hipotesis dengan uji-t dapat dilakukan. Ho ditolak jika t hitung?? -?t tabel. Hasil perhitungan pada uji hipotesis diperoleh t hitung =-4,781 amp;#8722;1,668=-?t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya, rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika konvensional. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si. 2. Iwan Kuswidi, S. Pd. I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, open-ended problem, think-pair-share, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 20 Aug 2013 02:24
Last Modified: 14 Dec 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item