LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

ZUNUL HISYAM - NIM. 06420048 , (2011) LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAGU SEBAGAI METODE MENGHAFAL KAIDAH BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Metode menghafal merupakan salah satu metode yang diterapkan oleh pesantren al-Luqmaniyah dalam mempelajari kaidah bahasa Arab baik berupa nahwu dan sharaf. Kitab-kitab kaidah bahasa Arab yang dipilih oleh pihak pengelola berupa kitab yang berisi bait-bait nazam seperti kitab imriti dan alfiyah. Dalam menghafal nazam berbahasa Arab dari kitab-kitab tersebut seorang ustaz menggunakan teknik lagu sebagai salah satu cara dan solusi untuk memudahkan santri dalam menghafal fal nazam. Skripsi ini membahas hubungan antara penggunaan lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah Yogyakarta dan juga ekfektifitas dari penggunaan metode lagu tersebut dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk aplikasi metode menghafal dengan lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah serta untuk mengetahui efektifitas lagu dalam pembelajaran kaidah bahasa Arab yang berlangsung di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datadata penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengasuh pondok pesantren al-Luqmaniyah, ustaz kaidah bahasa Arab, para pengurus serta santri Pondok Pesantren al-Luqmaniyyah menjadi sumber data dalam penelitian ini. Proses pembelajaran kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah berjalan secara rutin pada jam 19.30 wib sampai 22.00 wib. Sebelum dimulainya proses pembelajaran para santri yang telah datang terlebih dahulu menaz}amkan beberapa materi kaidah bahasa Arab dengan lagu sambil menunggu kedatangan ustaz dan santri lain. Waktu yang digunakan dalam melagukan nazam tersebut kurang lebih adalah lima menit. Ustaz kaidah bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Luqmaniyah biasanya memulai proses pembelajaran dengan nazaman terlebih dahulu. Pembelajaran kaidah bahasa Arab dengan lagu ini berjalan secara efektif. Keefektifan metode ini di tunjukkan dengan a) santri mampu menghafal naz}am kaidah bahasa Arab lewat lagu dengan baik, b) santri mampu memahami apa yang telah dihafalkan dengan baik, c) santri mampu menerapkan teori yang didapatkan dalam sebuah teks bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Menghapal , Lagu
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 18 Feb 2013 16:51
Last Modified: 05 Apr 2017 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item View Item