PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KITABAH DI KELAS VIII C MTs NEGERI WONOSARI

ULFAH INAYATI - NIM. 07420021 , (2011) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KITABAH DI KELAS VIII C MTs NEGERI WONOSARI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik usia kelas VIII Madrasah Tsanawiyah seharusnya sudah mampu menyusun kalimat dalam bahasa Arab yang sudah dipelajari tanpa meniru contoh bentuk tulisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran maharah al-kitabah, dan mendeskripsikan problemproblem yang dihadapi oleh peserta didik kelas VIII C MTs Negeri Wonosari Yogyakarta dalam pembelajaran maharah al-kitabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian berjumlah 35 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data (data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran maharah al-kitabah terdiri dari problem linguistik dan non linguistik. Adapun problem linguistiknya adalah 1) Kesulitan menyalin tulisan guru yang ada di papan tulis, karena tulisannya kurang jelas, 2) kesulitan dalam menulis ttulisan-tulisan hijaiyah dengan bentuk bermacam-macam; di awal, di tengah, dan di akhirkata jika tidak ada model tulisan, 3) kesulitan membedakan huruf-huruf yang bisa di sambung dan yang tidak bisa di sambung, juga ketika tidak ada model tulisan, 4) kesulitan menulis ketika mengerjakan soal, karena mereka tidak tahu bagaimana cara menulisnya. Sedangkan problem non linguistiknya adalah 1) Latar belakang peserta didik yang heterogen, 2) kurangnya motivasi, 3) kompetensi pedagogi guru tersebut yang masih kurang, 4) keterbatasan fasilitas yang dimiliki, dan 5) keadaan kelas yang kurang kondusif div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Maharah al Kitabah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2013 18:06
Last Modified: 05 Apr 2017 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item View Item