UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT DI MIN SINDUTAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2009-2010

TUHARSIH - NIM. 08410265-E , (2011) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT DI MIN SINDUTAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah guru fiqih di madrasah yang hanya cenderung menekankan kepada siswanya kepada penguasaan ilmu pengetahuan agama saja, sehingga dari segi pengamalan ibadah keseharian siswa terutama ibadah shalat di luar sekolah sering kali kurang terpantau. Sehingga dalam hal ini perlu diadakan penelitian tentang upaya guru fiqih dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat di MIN Sindutan Temon Kabupaten Kulon Progo tahun pelajaran 2009-2010. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana upaya guru fiqih dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa MIN Sindutan Temon Kulon Progo dan faktor apa yang mendukung dan menghambat upaya peningkatan pengamalan ibadah shalat siswa MIN Sindutan Temon Kulon Progo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru fiqih MIN Sindutan Temon Kabupaten Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik non statistik dengan pola pikir induktif yaitu cara pikir yang bertolak dari faktor-faktor yang khusus untuk ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dengan dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh guru fiqih dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat di MIN Sindutan adalah: melalui pembelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, mengadakan praktek shalat, dan mengadakan evaluasi; melalui membuat nyaman tempat dan sarana ibadah antara lain tempat praktik shalat, tempat wudhu dan melengkapi alat shalat; dan melalui kegiatan ekstra kurikuler seperti peringatan Isra' Mi'raj, Taman Pendidikan Al-Qur'an, partisipasi dalam kegiatan keagamaan di masyarakat dan pesantren ramadhan. Faktor- faktor yang mendukung upaya guru fiqih dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa meliputi: adanya gedung sekolah yang luas untuk kegiatan belajar mengajar, adanya tenaga pengajar atau pendidik yang cukup, adanya peserta didik yang jumlahnya cukup memadai di banding sekolah lain, status sekolah yang sudah negeri, adanya mushola di dalam madrasah, semua orang tua siswa beragama Islam dan banyaknya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kurang adanya partisipasi aktif dari guru-guru lain, ketidakseragaman kecerdasan peserta didik, minimnya buku perpustakaan baik umum maupun buku keagamaan dan adanya sebagian siswa yang tidak lancar dalam membaca Al Qur'an. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengamalan ibadah Sholat
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item