PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANAK TUNANETRA DI KECAMATAN SEWON BANTUL

TRIYANTO - NIM. 07410018 , (2011) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANAK TUNANETRA DI KECAMATAN SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan dan bimbingan dari orangtuanya, demikian pula anak tunanetra. Akan tetapi sering kali kita menemukan hal yang sangat menyedihkan terkait perlakuan orang tua terhadap anaknya yang tunanetra. Adapun bentuk perlakuan yang tidak manusiawi tersebut adalah orang tua beranggapan bahwa apa yang dialami oleh anaknya tersebut sebagai kutukan dari Tuhan, anaknya tersebut adalah titisan dari syetan, bahkan ada orang tua yang beranggapan bahwa apa yang dialami anaknya tersebut sebagai akibat adanya dosa warisan dari orang tua dan dari nenek moyangnya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam membimbing pelaksanaan pendidikan Agama Islam PAI anak tunanetra, dan apa sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi orang tua dalam membimbing pelaksanaan pendidikan Agama Islam (PAI) anak tunanetra di Kecamatan Sewon Bantul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran orang tua dalam membimbing pelaksanaan pendidikan Agama Islam (PAI) anak tunanetra di Kecamatan Sewon Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh orang tua ketika memberikan bimbingan pelaksanaan pendidikan Agama Islam (PAI) kepada anaknya yang tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Kecamatan Sewon Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Peran yang dilakukan orang tua yaitu membimbing anak hafalan surat-surat pendek, bacaan sholat, doa sehari-hari, membimbing tata cara berwudlu, gerakkan sholat, memasukkan anak ke TPA, dan mengajak anak ke acara pengajian. 2). Faktor pendukung yang dirasakan oleh orang tua yaitu anak masih memiliki sisa penglihatan, lokasi rumah dekat dengan masjid, tersedianya fasilitas yang memadai untuk belajar, dan lingkungan masyarakat yang Islami dan inklusif. 3). Faktor penghambat yang dirasakan oleh orang tua yaitu kondisi ekonomi yang kekurangan, orang tua kurang dalam hal ilmu keagamaan, kurangnya komonikasi antara anak dengan orang tuanya, dan anak memiliki sifat yang cenderung tertutup. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam , Peran Orang Tua , Tuna Netra
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item