NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SANG PENCERAH

SYAHDARA ANISA MAKRUF - NIM. 07410013 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SANG PENCERAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SANG PENCERAH)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM SANG PENCERAH)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara pendidik dapat menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan secara optimal kepada peserta didik dengan cara yang efektif dan efisien. Pendidikan pada asasnya adalah pengalihan kebudayaan (cultural transmission) dari satu generasi ke generasi yang lain dan pengembangan manusiawi (human development). Selain memperhatikan manusia sebagai objek dan subjek, pendidikan juga perlu memperhatikan masukan-masukan eksternal (external inputs) yang sangat luas cakupannya, antara lain yang selama ini dikenal dengan kebudayaan. Seiring dengan kemajuan teknologi penanaman nilai-nilai pendidikan agama tersebut saat ini sudah dilakukan melalui media cetak seperti majalah, buku, surat kabar, bulletin, novel, komik dan media visual maupun audiovisual seperti televisi, internet, radio, komputer dan film. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan content analysis. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur baik naskah film Sang Pencerah, buku-buku tentang kisah perjuangan K.H. Ahmad Dahlan, bahanbahan dokumentasi, majalah, jurnal, surat kabar, maupun wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Film Sang Pencerah terdapat serangkaian nilai-nilai pendidikan Islam yang perlu di tanamkan pada setiap jiwa manusia terutama kepada peserta didik, yakni bahwa setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan semua ajaran agama dan menjauhi larangan sesuai ajaran al Qur'n sebagai bentuk pengakuan atas kemahaesaan Allah SWT dalam zat, sifat, perbuatan dan wujud-Nya; meneladani sifat-sifat Rasululllah SAW melalui ittiba kepada Rasulullah SAW.; menegakkan syariat Islam dalam ibadah dan muamalah demi tegaknya ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari; dan membiasakan diri dengan nilai-nilai akhlakul karimah dalam pergaulan baik dalam kehidupan keluarga maupun bermasyarakat, (2) Penggunaan film Sang Pencerah sebagai alat bantu dalam pendidikan Islam sangat relevan dengan kondisi masyarakat muslim Indonesia sat ini. Film Sang Pencerah berbicara tentang Islam yang berprogresif, Islam yang aktualitatif, yang tidak hanya berbicara masalah syariat tapi juga kemashlahatan umat dalam kerangka menegakkan tauhid Islam secara murni, (3) Film Sang Pencerah juga mengajarkan kepada umat Islam Indonesia untuk melembagakan amal shalih yang fungsional dan solutif, untuk ikut serta bertanggung jawab atas problematika kehidupan sosial, dengan mmecahkan problem keumatan yang berorientasi kekinian dan masa depan, termasuk dalamnya pendidikan, kemiskinan, sosial budaya, pengangguran maupun politik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan , Pendidikan Islam , Film Sang Pencerah
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:23
Last Modified: 30 Nov 2023 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum