PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI SISWA MI NEGERI SUMBERJO PATUK

SRI HIDAYATI - NIM. 08410256-E , (2011) PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI SISWA MI NEGERI SUMBERJO PATUK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang berjalannya komunikasi internal antara siswa kelas V dengan guru PAI khususnya dalam proses pembelajaran PAI di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi internal yang terjadi dalam kelas di MI Negeri Sumberjo Patuk Gunung Kidul serta pengaruh komunikasi internal terhadap keberhasilan pembelajaran PAI Siswa MI Negeri Sumberjo Patuk Gunung Kidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan komunikasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru PAI serta siswa di MI Negeri Sumberjo Patuk Gunung Kidul. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi internal yang terjadi dalam kelas di MI Negeri Sumberjo Patuk yang dilakukan oleh guru PAI dilakukan dengan melalui seragkaian strategi komunikasi yaitu pertama, dengan mengembangkan sikap positif siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa merasa memiliki kemampuan dan kesempatan yang sama di dalam kelas. Kedua guru bersikap luwes dan terbuka dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memunculkan komunikasi yang dialogis anatara guru dan siswa. Ketiga, guru PAI berusaha untuk tampil bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran serta keempat guru PAI berupaya untuk mengelola interaksi siswa dalam kegiatan pembelajar secara baik dan benar. Adapun pengaruh komunikasi internal terhadap keberhasilan pembelajaran PAI Siswa MI Negeri Sumberjo Patuk dapat dilihat dalam beberapa hal dimana siswa lebih antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan terlebih ketika disertai dongeng. Selain itu siswa mulai dapat dan berani berkomunikasi dan mengeluarkan pendapatnya terkait dengan pembelajaran PAI di dalam kelas. Pengaruh lain yang nampak dengan strategi komunikasi yang dikembangkan oleh guru PAI tersebut adalah siswa menjadi antusias atau serius untuk mengikuti pleajaran PAI dan bukti keseriusan tersebut adalah siswa mampu menyerap dan memahami materi dengan baik, indikator dari hal tersebut adalah siswa mampu menjawab pertanyaan atau mengulang materi yang telah disampaikan oleh guru PAI. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Sardjuli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal , Pembelajaran PAI
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item