UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

SITI WASFIYAH - NIM. 07480005 , (2011) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MIN Jejeran dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika di kelas V B MIN Jejeran, (2) bagaimana upaya meningkatkan partisipasi siswa kelas V B MIN Jejeran dalam pembelajaran matematika dengan mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (3) bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V B MIN Jejeran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan setiap akhir siklus, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 80% dari jumlah siswa kelas V B MIN jejeran. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dilaksanakan dengan enam tahapan yaitu penomoran, mengajukan permasalahan, diskusi kelompok, guru menyebutkan nomor, pemberian kesimpulan, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase angket partisipasi siswa sebesar 55,33% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 66,97% kategori baik. Sedangkan hasil prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 65,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 64,7%. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 74,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar , Pembelajaran Matematika
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item View Item