NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 177 (Analisis Perspektif Abdullah Nashih Ulwan)

SITI ROFI'AH - NIM. 05470007 , (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TASAWUF DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 177 (Analisis Perspektif Abdullah Nashih Ulwan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan yang dikembangkan selama ini masih terlalu menekankan arti pentingnya akademik, kecerdasan otak, dan jarang sekali terarah pada kecerdasan emosi dan spiritual, sehingga terjadi banyak penyimpangan akhlak pada generasi masa kini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pesanpesan agama yang ada dalam sebuah ayat dalam al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 177, yakni tentang nilai-nilai pendidikan tasawuf . Dalam penelitian ini memilih al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 177 yang diasumsikan mempunyai pesan nilai pendidikan tasawuf. Fokus penelitian ini ingin mengungkapkan nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam ayat dan implikasinya dalam dunia pendidikan islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan media dalam pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang mengkaji secara mendalam permasalahan yang terdapat dalam buku yang menunjang penelitian. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif analitik dan metode tahlili. Hasil penelitian ini adalah: dalam surat al-Baqarah ayat 177 terkandung nilai-nilai pendidikan tasawuf yang dianalisis menggunakan teori-teori pendidikan islam, antara lain: 1) Pendidikan Iman (meliputi: iman kepada Allah Swt, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab, iman kepada rasul, iman kepada hari akhir, dan ibadah sholat); 2) Pendidikan Moral (meliputi: menepati janji); 3)Pendidikan Fisik (meliputi: memberi nafkah atau harta kepada keluarga atau kerabat dekat); 4) Pendidikan Rasio (meliputi: kebajikan yang sesungguhnya, yang yang mengantar kepada kedekatan kepada Allah); 5) Pendidikan Kejiwaan (meliputi: sabar dalam menghadapi segala ujuan hidup); 6) Pendidikan Sosial (meliputi: memeberikan harta kepada anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir yang terpaksa meminta-minta, dan memerdekakan hamba sahaya); serta 7) Pendidikan Seksual (meliputi: hubungan dengan dzawil qurba atau kerabat dekat). Disamping itu terdapat implikasi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam dunia pendidikan islam, yaitu pendidikan tasawuf sebagai penguat pendidikan islam yang berdasarkan nilai-nilai tasawuf yang akan meneguhkan autensitas kemanusiaan yang senantiasa diberi sentuhan Ilahiyah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Mangun Budianto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tasawuf , Surat al Baqarah
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item