MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN GAGASAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS SATU MIN YOGYAKARTA II

SITI QOZIMAH - NIM. 084800 35-E , (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN GAGASAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS SATU MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah ini adalah bahwa idealnya anak kelas satu bisa menyampaikan pertanyaan maupun gagasan dengan menggunakan bahasa anak sendiri secara lisan maupun tulisan. Pada faktanya siswa kelas I MIN Yogyakarta II masih belum berani menyampaikan gagasan atau menjawab pertanyaan. Mereka memilih diam dan manut apa adanya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang meningkatkan kemampuan menyampaikan gagasan melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada siswa kelas I MIN Yogyakarta II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tahapantahapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realisik, sehingga bisa meningkatkan kemampuan menyampaikan gagasan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas I MIN Yogyakarta II. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk trampil dalam menyampaikan gagasan dengan rasa percaya diri sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah 28 siswa. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi untuk setiap siklusnya. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali kegiatan pembelajaran. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah jurnal harian, observasi dan angket. Data yang terkumpul digunakan sebagai bahan refleksi, hasil refleksi merupakan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1). Kemampuan menyampaikan gagasan dapat meningkat melalui tanya jawab, pemberian waktu untuk berfikir, menghormati pendapat orang lain, bekerja sama dalam kelompok, dan menyelesaikan LKS dalam kegiatan pembelajaran. 2). Perasaan siswa dalam menyampaikan gagasan terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik semakin senang. 3). Kemampuan menyampaikan gagasan dalam pembelajaran matematika menunjukkan adanya peningkatan. 4). Guru dapat mengimplementasikan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika di kelas I dengan baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Endang Sulistyowati
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item