NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah)

SITI AISAH - NIM. 07410309 (2011) NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (ANALISIS ISI TERHADAP BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (ANALISIS ISI TERHADAP BUKU PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH TSANAWIYAH))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa manusia dengan segala potensinya diciptakan oleh Allah SWT dengan sempurna. Namun dengan segala potensinya pula manusia dapat mengarahkan dirinya pada kebaikan atau justru pada kejelekan. Salah satu pendidikan yang mampu mengarahkan potensi manusia untuk mengarah pada kebaikan adalah pendidikan moral. Oleh karena itu perlunya penanaman nilai-nilai moral pada tiap-tiap individu itu sangat penting. Sehingga dengan begitu manusia mampu mengarahkan dirinya menjadi manusia yang memiliki kualitas hidup yang bermoral tinggi serta mampu menata diri dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan beragama dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meteri-meteri sejarah kebudayaan Islam yang mengandung nilai-nilai moral dalam buku pelajaran yang berjudul Ayo mengenal Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Tsanawiyah karangan Mahrus As'ad, dkk. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan terhadap pengembangan khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan agama Islam yang akomodatif terhadap nilai-nilai moral. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research), dengan menganalisis isi dari materi-materi buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Madrasah Tsanawiyah. Pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan dokumentasi yang menjadi obyek penelitian. Dari data yang didapat, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi-materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Madrasah Tsanawiyah kelas VII, kelas VII dan kelas IX mengandung nilai-nilai moral. Adapun nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku pelajaran SKI yang berjudul Ayo Mengenal Sejarah Kebudayaan Islam, antara lain: pertama, Moral Religius (Moral terhadap Tuhan), diantaranya yaitu Iman kepada Allah dengan Keyakinan yang Sempurna, Percaya terhadap Utusan Allah, Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT, Taat Beragama, dan Amar Makruf Nahi Mungkar. Kedua, Moral terhadap Diri Sendiri; diantaranya yaitu Optimis, Hidup Disiplin, Jujur, Pemaaf, Kerja Keras dalam Berusaha, Sabar Menerima Cobaan, dan Cinta Ilmu Pengetahuan. Ketiga, Nilai Moral kepada Sesama (Moral Kolektif), dianataranya yaitu; Tolong Menolong, Rasa Cinta (Kasih Sayang), Tanggung Jawab, Persaudaraan (Saling Mengenal dengan Orang Lain), Peduli terhadap Sesama Manusia, Toleransi, Demokratis, Adil, dan Menghargai Orang Lain. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofiq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:52
Last Modified: 05 Dec 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum