Strategi PENERAPAN STRATEGI PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS III MI MUHAMMADIYAH I GADING SANTREN, BELANGWETAN, KLATEN UTARA, KLATEN

SILFIA HERNI RAHMAWATI - NIM. 07410069 , (2011) Strategi PENERAPAN STRATEGI PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS III MI MUHAMMADIYAH I GADING SANTREN, BELANGWETAN, KLATEN UTARA, KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran SKI pada kelas III di MIM I Gading Santren, Belangwetan, Klaten Utaren, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten ini masih kurang efektif dan monoton, guru mendikte siswa sehingga guru merasa lelah dan siswa juga enggan mendengar penjelasan guru dan haya diam ketika mencatat, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun, dan siswapun kurang aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu di adakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Puzzle dalam pembelajaran SKI dan meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa kelas III setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MIM I Gading Santren, Belagwetan, Klaten Utara, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: strategi puzzle efektif meningkatan motivasi dan keaktifan siswa pada pembelajaran SKI khususnya siswa kelas III MI Muhammadiyah I Gading Santren. Peningkatan tersebut terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, rasa ingin tahu, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada aspek motivasi siswa, siklus I sebesar 81,21% kemudian pada siklus II sebesar 84,71 % hal ini mengalami peningkatan sebesar 2,4%. Pada aspek motivasi tidak terjadi peningkatan terlalu tinggi. Sedangkan pada aspek keaktifan siswa siklus I 58,86 % pada siklus II 82,19% hal ini terjadi peningkatan sebesar 23,33%. Dengan demikian pada aspek motivasi dan keaktifan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Puzzle , Keaktifan Siswa
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item