UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Rr. NUR WIDAYATI - NIM. 08410231-E (2011) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah perhatian dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat rendah karena metode pembelajaran kurang dikemas dengan metode yang menarik, cenderung terkesan membosankan minat para siswa, yang akhirnya prestasi belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Untuk itu perlu diadakan pembenahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu upaya diantaranya adalah dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Seberapa tinggi tingkat perhatian peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana prestasi belajar PAI siswa. Dengan metode demonstrasi dapatkah meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas I SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Bhayangkara Gondokusuman Yogyakarta yang berjumlah 24 anak terdiri dari 10 siswa putra dan 14 siswa putri. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini meliputi tiga siklus. Siklus I dengan materi Perilaku Hormat Terhadap Orang Tua. Siklus II dengan materi Adab Makan dan Minum dan siklus III dengan materi Adab Belajar. Instrumen yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas I Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Kelas I SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Sebelum melaksanakan tindakan, dilakukan observasi awal guna mengetahui kondisi pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Setiap pelaksanaan siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dari tiga siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa pelaksanaan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas I Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berjalan lancar yang membawa dampak positif bagi peningkatan perhatian belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan respon siswa di dalam kelas, sehingga prestasi belajar meningkat. Hal ini berarti dengan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:31
Last Modified: 30 Nov 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum