FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK DI MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA

ROSIANA FAUZIAH - NIM. 06470026 , (2011) FUNGSI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK DI MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen kurikulum dalam mengembangkan pengembangan diri peserta didik di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari pengembangan diri. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kurikulum adalah landasan dalam setiap lembaga pendidikan baik lembaga formal maupun lembaga non formal. Di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta telah memiliki kurikulum yang dapat dijadikan pijakan oleh para guru-guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta menarik untuk diteliti manajemen kurikulum dalam pengembangan dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil obyek MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Manajemen Kurikulum pengembangan diri peserta didik di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta dilaksanakan dengan cara penyusunan visi, misi dan tujuan pendidikan, menyusun kalender pendidikan, penyusunan struktur kurikulum beserta rancangan pengembangan diri yang meliputi kegiatan terprogram yang terdiri dari bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Serta kegiatan tidak terprogram melalui program pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin, spontan, keteladanan (2) Pelaksanaan kurikulum dalam mengembangkan pengembangan diri peserta didik di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta meliputi pelaksanaan kegiatan terprogram yang terdiri dari: bimbingan konseling dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian kegiatan tidak terprogram melalui program pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin, spontan, keteladanan (3) Evaluasi kurikulum dalam mengembangkan pengembangan diri peserta didik di MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta meliputi penilaian kegiatan terprogram yang terdiri dari bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian kegiatan tidak terprogram melalui program pembiasaan yang meliputi kegiatan rutin seperti, spontan, keteladanan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item View Item