PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

RADEN BASKORO DWI MARTONO - NIM. 07410063 , (2011) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenakalan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Kenakalan tersebut bisa karena pengaruh dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Maka dilakukan penelitian tentang pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kenakalan siswa; bagaimanakah keadaan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat; serta bagaimanakah pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenakalan siswa; keadaan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat; serta mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro sebanyak 47 siswa. Penelitian dilakukan pada seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Kenakalan siswa secara rata-rata ada para taraf baik dengan nilai mean 86,82 dan standar deviasi 16,18. (2) Keadaan lingkungan keluarga ada pada taraf baik dengan mean 45,70 dan standar deviasi 5,27. Keadaan lingkungan sekolah ada pada taraf sedang dengan mean 32,40 dan standar deviasi 8,44. Keadaan lingkungan masyarakat ada pada taraf baik dengan mean 57,76 dan standar deviasi 11,02. (3). Korelasi secara bersamasama lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan siswa ditunjukkan dengan nilai R adalah 0,552 dengan taraf signifikansi 0,001. Taraf signifikansi sebesar 0,001 menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan adalah pengaruh positif yang signifikan. Pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat terhadap kenakalan siswa ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 0,305. Sehingga ketiga lingkungan tersebut memberikan pengaruh sebesar 30,5% terhadap kenakalan dan 69,5% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Lingkungan masyarakat mempunyai pengaruh yang paling besar (SE 19,3%), kemudian diikuti dengan lingkungan sekolah (SE 7,44%), dan lingkungan keluarga (SE 3,77%). Lingkungan masyarakat mempunyai pengaruh paling besar karena anak anak melihat adanya keanekaragaman dalam lingkungan masyarakat yang baru ia temukan ketika memasuki masa remaja. Lingkungan sekolah menjadi faktor kedua karena seorang anak kurang memperhatikan layanan dari sekolah. Sedangkan lingkungan keluarga paling kecil pengaruhnya karena anak merasa bosan dengan didikan orang tua yang bersifat monoton. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item