IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA I

PUJI RAHAYU - NIM. 06410125 , (2011) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa perkembangan teknologi dan informasi telah membawa perubahan dalam setiap bidang kehidupan, termasuk di dalamnya pendidikan. Untuk mengimbangi perubahan yang diakibatkan oleh arus teknologi dan informasi, maka perlu adanya upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Kualitas dan mutu pendidikan dipengaruhi banyak faktor, salah satu di antaranya adalah media pembelajaran. Pengembangan media sebagai produk teknologi perlu dilakukan untuk menunjang mutu dan kualitas pembelajaran di madrasah, termasuk pengembangan media pembelajaran berbasis TI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: 1) Bagaimana bentuk implementasi TI dalam pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta I 2) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis TI di MAN Yogyakarta I, dan 3) Problem-problem apa saja yang muncul dalam pembelajaran PAI yang menggunakan media pembelajaran berbasis TI tersebut dan bagaimana solusinya? Hasil penelitian menunjukkan: 1). Implementasi TI dalam pembelajaran PAI dilakasanakan dalam bentuk: penggunaan internet sebagai media pendidikan; penggunaan program komputer dalam pembelajaran PAI; dan penggunaan media interaktif. 2). Perencanaan yang dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran PAI, yaitu: merencanakan dan membuat perangkat pembelajaran serta merancang media yang akan digunakan. Strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran aktif, yaitu melibatkan kegiatan siswa dalam pembelajaran, dengan pendekatan kompetensi dan pendekatan kontekstual. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi dalam proses pembelajaran PAI, yaitu penilaian kegiatan siswa dalam pembelajaran dan evaluasi hasil yang dilakukan guru setelah materi pelajaran PAI selesai diajarkan kepada siswa. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media ini dilakukan dalam bentuk soal yang diberikan siswa yang dikerjakan siswa dalam lembar jawaban yang disediakan guru, atau bisa langsung dalam software media tersebut. 3). Problem yang menyangkut implementasi TI dalam pembelajaran PAI yaitu; SDM yang belum siap; fasilitas yang kurang mendukung; kurang validnya media pembelajaran yang digunakan serta kurangnya tenaga teknis yang mengurusi laboratorium maupun peralatan media ini. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengirimkan guru-guru dalam pelatihan TI yang diselenggarakan instansi lain; menambah fasilitas berupa pembelian laptop dan perencanaan pemasangan LCD di setiap ruang kelas. Selain itu juga kepala sekolah perlu menegaskan kepada guru agar peralatan TI ini dimanfaatkan secara optimal, agar pembelajaran meningkat. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi , Pembelajaran PAI
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6190

Actions (login required)

View Item View Item