PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

NELLY YUNITA - NIM. 07410234 (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS VIII DI SMPLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah untuk menngkaji tentang pelayanan pendidikan PAI bagi siswa tunagrahita. Tunagrahita disebut sebagai keterbelakangan mental(mental reterdation) artinya anak yang memiliki kelemahan berfikir sehingga menjadikannya berbeda dengan anak normal pada umumnya. Anak tunagrahita memerlukan bimbingan sesuai dengan kemampuannya. Permasalahan yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik Tunagrahita kelas VIII di SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta? 2) Bagaimanakah efektifitas pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik Tunagrahita kelas VIII di SMPLB Negeri pembina Yogyakarta? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita kelas VIII di SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan pengamatan terus-menerus,trianggulasi dengan dua mode, yakni trianggulasi antar sumber dan trianggulasi antar metode. Hasil penelitian menunjukkan: Pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi: 1)Materi:Iman kepada kitab Allah, Shalat sunnat Rawatib, Puasa di bulan Ramadhan, dan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Adapun media yang digunakan adalah, tape recorder, buku juz ama, dan video player. Sedangkan metode yang digunakan adalah, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, drill, dan penugasan. Semua cakupan tersebut tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).2)Efektifitas pelaksanan pembelajaran PAI pada kelas VIII siswa tunagrahita dapat dilihat dari dua sisi: a. Efektifitas dari segi proses pembelajaran, guru kurang pandai dalam mengelola waktu sehingga terkadang apa yang telah dirumuskan di dalam RPP tidak terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI berjalan kurang efektif. b) Efektifitas hasil prestasi belajar yang diperoleh siswa menunjukkan nilai siswa tidak mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran kurang efektif. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI , Tunagrahita
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:52
Last Modified: 30 Nov 2023 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum