STUDI PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MAN WATES 1 KULONPROGO YOGYAKARTA (Periode Tahun 2009-2010)

MUNASIATUL INSIAYAH - NIM. 06470043 , (2011) STUDI PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI MAN WATES 1 KULONPROGO YOGYAKARTA (Periode Tahun 2009-2010). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa lancarnya manajemen itu merupakan suksesnya tujuan pendidikan, karena manajemen merupakan komponen integral yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Berkenaan dengan itu pendidikan dituntut untuk mampu memainkan peran secara dinamis dan proaktif. Tak terkecuali di MAN Wates 1 Kulonprogo Yogyakarta disamping sebagai lembaga pendidikan juga merupakan organisasi administratif yang di dalamnya diatur tentang hubungan dan mekanisme kerja. Sehingga integrasi dan sinkronisasi dari keseluruhan kegiatan pendidikan dapat tercapai pendidikan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan di MAN Wates 1 Kulonprogo Yogyakarta serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dan upaya mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan pemilihan ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Observasi, interview, dan dokumentasi digunakan untuk mengambil data dari penelitian di lapangan dengan melibatkan kepala sekolah, guru, staf tata usaha, dan siswa MAN Wates 1 Kulonprogo Yogyakarta . Hasil penelitian menunjukan bahwa: pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan di MAN Wates 1 Kulonprogo Yogyakarta sudah berlangsung dengan baik walaupun masih mengalami kendala/hambatan, hambatan itu di antaranya: 1. Kegiatan belajar yang belum sepenuhnya lancar karena belum adanya kesiapan baik guru maupun siswa. 2. Ketidaksesuaian anggaran akibat minimnya sumber dana, karena masuknya uang dari siswa tidak bisa rutin. 3. Input siswa kurang bagus. 4.Perpustakaan yang kurang memadai dan kurangnya buku-buku bacaan. Adapun usaha personal dalam mengatasi hambatan antara lain: 1. Mengenai kegiatan belajar Kepala sekolah selalu memberikan bimbingan, dorongan dan pengawasan yang efektif dan kontinyu terhadap steacholder yang ada. 2. Minimnya biaya pendidikan dari pihak sekolah sudah mengusahakan adanya beasiswa bagi siswa tidak mampu. 3. Mengenai minimnya input siswa karena semakin banyaknya sekolah baru, sehingga persaingan semakin tajam dalam penerimaan siswa baru. 4. Mengenai perpustakaan pihak sekolah memaksimalkan prasarana yang ada dan literatur-literatur yang lain yang masih bisa dipakai. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum