PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PAIKEM DI SD AL-ISLAM TAMBAK BAYAN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

MUHLIS SAWALI - NIM. 03420256 , (2011) PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN PAIKEM DI SD AL-ISLAM TAMBAK BAYAN, CATUR TUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan PAIKEM di SD Al-Islam Tambak Bayan, Catur Tunggan, Depok, Sleman, Yogyakarta, serta seberapa jauh efektivitaspembelajaran tersebut. Latar belakang penelitian ini proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat interaksi antara guru dan murid yang berlangsung secara terarah untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk menuju kearah tercapainya tujuan pengajaran yang efektif dan efisien, seorang guru dituntut untuk mampu menata dan melakukan pengorganisasian belajar yang berarti penataan interaksi belajar mengajar agar berjalan dengan baik. Dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif, ada lima jenis variabel yang menentukan keberhasilan belajar siswa, yaitu: melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan perhatian siswa, membangkitkan motivasi siswa, prinsip individualisme Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil lokasi SD Al-Islam Tambak Bayan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Interview, Observasi dan Dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Al-Islam Tambak Bayan. Data yang bersumber dari kepala sekolah dan guru pengampu diperoleh dengan metode interview, sedangkan data yang bersumber dari siswa kelas V serta tentang pembelajaran bahasa Arab di kels diperoleh dengan metode observasi. Metode observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran letak geografis SD Al-Islam Tambak Bayan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (deserible) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi PAIKEM pada pelajaran bahasa Arab dalam aspek kognitif sudah baik sekali. Akan tetapi dalam menentukan keberhasilan siswa tidak bisa dilihat dari unsur kognitifnya saja. Penggunaan strategi PAIKEM juga berhasil mendidik siswa dari aspek afektif dan psikomotorik. Hal ini bisa diketahui dari observasi yang dilakukan didalam dan diluar kelas. Didalam kelas siswa begitu antusias mengikuti pelajaran serta menghormati dan menghargai pendapat orang lain ketika berdiskusi, dan tidak merendahkan martabat yang lainnya. Diluar kelas siswa juga rajin menerapkan materi yang diajarkan seperti mencoba berdialog dengan bahasa Arab atau jika dilihat dari sikapnya, siswa lebih santun terhadap lingkungan khususnya sekolah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item