METODOLOGI HUMANIORA DILTHEY (Sejarah, Pemikiran, dan Pengaruhnya)

DRS. ABU RISMAN, (2008) METODOLOGI HUMANIORA DILTHEY (Sejarah, Pemikiran, dan Pengaruhnya). /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 26 Th. 1981/.

[img]
Preview
Text
01. ABU RISMAN - METODOLOGI HUMANIORA DILTHEY (SEJARAH, PEMIKIRAN, DAN PENGARUHNYA).pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

bDalam penelitian Ilmu-ilmu Sosial serta agama, orang mempergunakan berbagai metode dan teknik dalam upaya memahami subyek penelitian, agar memperoleh informasi yang reliabel mengenai obyek penelitiannya. Diantara metode-metode itu ialah metode verstehen, yang dalam dunia filsafat dikenal sebagai metode fenomenologi. Kata verstehen berarti memahami atau mengerti dari dalam. Maksudnya, memahami obyek dan subyek penelitian ataupun masyarakat informan dan masalahnyadari dalam diri mereka sendiri. Untuk nitu para peneliti harus membuat diri mereka bersatu mengomplot dengan subyek penelitiannya, dan merasa didalamnya. Dengan kata lain, ia harus melakukan empathy atau penghayatan terhadap masyarakat yang diteliti. Jadi metode verstehen ini, bersifat masyarakat-sentrik (Mulder, 1979: 7). Yang memasarkan metode verstehen ini dalam sosiologi ialah Max weber. Tujuan sosiolog weber ialah memahami arti subyektif kelakuan sosial (A. Sartono, 1970 : 66). Max Webber sendiri menyadap metode verstehen itu dari Dilthey, penciptanya. apa dan bagaimanakah sebenarnya makna serta kegunaan verstehenitu sebagai metode penelitian sperti yang dikehendaki oleh perumusnya. inilah yang menjadi masalah makalah ini. Untuk menjawabnya, diperlukan sistematika pembahasan sebagai berikut: Sejarah Hiddup Dilthey; Pemikiran Dilthey; pemikiran Dilthey tentang Metodologi Humaniora; Pengaruh Pemikiran Dilthey.b

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metodologi, Humaniora, Dilthey
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:24
Last Modified: 29 Dec 2016 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item