IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) BAGI SISWA KELAS VII A DI MTs NEGERI GALUR KULON PROGO

ERNI ZULIANA - NIM. 07420024 , (2011) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (AL KALAM) BAGI SISWA KELAS VII A DI MTs NEGERI GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah ini adalah rendahnya kemampuan berbicara pada pembelajaran bahasa Arab klas VII A MTs Negeri Galur Kulon Progo. Hal itu disebabkan karena guru sering mengajar dengan didominasi oleg ceramah saja tanpa adnya media pembelajaran lain yang membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya. Berangkat dari masalah tersebut maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research terhadap penggunaan media audiovisual pada pembelajaran keterampilan berbicara (al kalam). Dengan menerapkan media ini siswa akan termotivasi untuk belajar karena media ini mempunyai kemampuan yang lebih yaitu mengandalkan dua panca indera sekaligus, indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada keterampilan bebrbicara (al kalam) serta dapat memperjelas materi yang disampaikan oleh guru. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi klas VII A MTs Negeri Galur Kulon Progo, yang berjumlah 37 siswa. Pembahasan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, adapun alur penelitian tindakn klas yang peneliti lakukan mencakup: a) Planning, b) Observing, c) Acting, d) Reflecting. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari semangat siswa untuk belajar saat diterapkannya media audiovisual pada pembelajaran bahasa Arab. Adapun peningkatan nilai siswa dari pra tindakan sampai siklus I mencapai 6,5 % kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 8,1 % dengan demikian kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan yang cukup baik pada setiap siklusnya. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus, saat pr tindakan nilai rata-rata siswa mencapai 58,2 pada siklus I mencapai 64,7, sedangkan pada siklus II mencapai 72,8 jadi antara pra tindakan sampai siklus II ini mengalami peningkatan mencapai 14,6 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item