KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK MENURUT AL QABISI DALAM BUKU AL RISALAH AL MUFASSILAH AHWAL AL MUTA'ALLIMIN WA AHKAM AL MU'ALLIMIN WA AL MUTA'ALLIMIN

AHMAD LABIB - NIM. 06410005 , (2011) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK MENURUT AL QABISI DALAM BUKU AL RISALAH AL MUFASSILAH AHWAL AL MUTA'ALLIMIN WA AHKAM AL MU'ALLIMIN WA AL MUTA'ALLIMIN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi kehidupan anak-anak yang tidak lagi dilandasi oleh nilai-nilai akhlak yang luhur. Kesibukan orang tua dalam mencari nafkah melengahkan mereka dari kesadaran akan pentingnya nilai-nilai bagi generasi keturunannya. Salah satu hal yang dapat dilihat adalah kemerosotan akhlak pada suatu generasi yang akan sangat mempengaruhi dan memberi dampak negatif kepada generasi berikutnya. Untuk mencegah terjadinya hal ini, perlu diadakan usaha-usaha preventif yang dilaksanakan oleh segenap pendidik, khususnya orang tua dan guru. Pembahasan mengenai pendidikan akhlak pada anak tidak terlepas dari konsep pendidikan yang ditawarkan al-Qabisi dalam bukunya yang berjudul Al-Risalah al-Mufassilah li Ahwal al-Muta'allimin wa Ahkami al-Mu'allimin wa al-Muta'allimin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang shahih mengenai bagaimana konsep pendidikan akhlak pada anak dan apa kelebihan dan kelemahan konsep pendidikan akhlak pada anak menurut Al-Qabisi dalam buku Al-Risalah al-Mufassilah li Ahwal al-Muta'allimin wa Ahkami al-Mu'allimin wa al-Muta'allimin. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui benda-benda tertulis berupa buku-buku, dokumen dan internet yang dapat mendukung kajian penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan model analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan : 1) Konsep pendidikan akhlak pada anak yang ditawarkan al-Qabisi, yaitu : Pertama, Pendidikan Anak-anak. Kedua, Tujuan Pendidikan Akhlak. Ketiga, Kurikulum Pendidikan Akhlak. Keempat, Metode dan Teknik Belajar. Kelima, Pendekatan Pendidikan Akhlak. 2) Kemudian kelebihan dan kelemahan konsep yang diajukan al-Qabisi di atas maka dapat dikemukakan yaitu, al-Qabisi mengabaikan segi kehidupan kejiwaan anak-anak kemudian tidak memperhitungkan tentang kecenderungan mereka dan tingkat-tingkat perkembangannya, tidak adanya konsep kurikulum tentang pendidikan Jasmani, al-Qabisi selalu menyeru untuk wajib belajar dan mengajar bagi anak-anak dan guru dan al-Qabisi sangat mementingkan agama yang dipegangnya dalam pendidikan yang mana jiwa agamanya ialah agar kita tetap berpegang teguh kepada al-Qur'an dan as-Sunnah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item