STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN

AKMAL IKFIYAN - NIM. 06420064 , (2011) STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara gaya belajar yang meliputi: gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent, dan avoidance dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman tahun pelajaran 2010-2011 sebanyak 158 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau sampel acak. Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 siswa atau 50% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 60 butir angket terdapat 57 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas 0,6 dan dinyatakan reliable. Analisis data meliputi analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar independent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,316 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 2). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar competitive dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,433 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 3). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar collaborative dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,254 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 4). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar participant dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,437 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 5). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dependent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,318 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 6). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar avoidance dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,252 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 7). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent dan avoidance secara bersamasama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh hasi uji signifikansi dengan nilai F hitung sebesar 7, 258 lebih besar dari harga F tabel sebesar 2,229. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin tepat siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman dalam menggunakan gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent dan avoidance maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab mereka. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Abdul Munip., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar , Prestasi Belajar , Pembelajaran
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item