PERAN PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS (VOCABULARY) PADA MATERI FAMILY KELAS I DI MIN YOGYAKARTA II

ANNIS KURNIAWATI - NIM. 07480010 , (2011) PERAN PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS (VOCABULARY) PADA MATERI FAMILY KELAS I DI MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini muncul dari kenyataan bahwa modal yang harus dimilki siswa agar dapat berkomunikasi atau berbicara Bahasa Inggris secara aktif adalah dengan menguasai kosakata Bahasa Inggris sebanyakbanyaknya. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang yang memiliki hasil kurang memuaskan serta rendahnya minat siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang peran penggunaan media flash card dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran atau pengaruh penggunaan media flash card dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris serta bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran media flash card dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris serta tanggapan siswa terhadap penggunaan media flash card. Penelitian ini termasuk quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan kelas kontrol dilakukan secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, tes kognitif siswa, dan angket tanggapan siswa. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 20 butir soal terdapat 14 butir soal yang valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.728 dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media flash card memiliki peran atau pengaruh yang signifikan dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris (Vocabulary) pada materi family kelas I di MIN Yogyakarta II terlihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis Uji-t menunjukkan nilai thitung 18.010 dengan signifikan 2-tailed 0.000 kurang dari taraf 5%, 2) Respon siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat positif terhadap pembelajaran menggunakan media flash card, dengan presentase hasil respon perhatian, keterkaitan, memiliki keyakinan, dan kepuasan sebesar 82.14%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr.H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card , Kosakata Bahasa Inggris
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item