KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI

ANNISAUL JANNAH - NIM. 07410086, (2011) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah Dalam ajaran Islam pada hakikatnya menghendaki manusia untuk selalu memperbaiki akhlaknya dan mental spiritual. Akan tetapi pada kenyataannya, di zaman modern ini manusia dihadapkan pada masalah akhlak yang cukup serius. Pendidikan akhlak Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang diterapkan mampu mencetak kepribadian peserta didik yang berakhlak mulia pada waktu itu. Ajaran tasawuf beliau mempu melatih jiwa manusia untuk senantiasa membersihkan dari penyakit hati dan mampu menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari yang selalu dilandasi dengan nilai-nilai ketuhanan. Yang menjadi permasalahn disini bagaimana konsep pendidikan akhlak yang dilakukan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jaialni dan masih relevansikah dengan pendidikan Islam sekarang. Penelitian ini betujuan mendeskripsikan serta mendapatkan data yang sahih mengenai pokok-pokok konsep pendidikan akhlak menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, sehingga dapat mengatasi permasalahan akhlak dizaman sekarang. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, khsusnya dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian perpustakaan (Library Research), dimaksudkan untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan menentukan tindakan yang diambil dalam kegiatan ilmiah. Dalam penelitian ini data diolah dan digali dari berbagai buku, internet, dan beberapa tulisan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, konsep pendidikan akhlak yang dilakukan Syekh Abdul Qadir Al-jailani adalah melalui ajaran tasawufnya, karena dengan tasawuf tersebut sebagai dasar upaya pembentukan kepribadian peserta didik yang berakhlakul karimah. Kedua, materi dalam pendidikan akhlak Syekh Abdul Qadir Al-Jailani adalah lebih menekankan pada aspek tauhid dan penyucian jiwa, sehingga dalam praktiknya perbuatan-perbuatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu mencerminkan akhlak yang baik yang mengandung nilai-nilai ketuhanan. Ketiga, metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode pengamalan, latihan, dan metode keteladanan. Metode pengamalan dan latihan ini diharapkan dapat menggugah akhlak pada siswa sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang baik dan istiqomah dalam mencapai kebahagiaan yang hakiki. Metode keteladanan, merupakan salah satu sarana dalam pembentukan kepribadian dengan memberikan contoh tauladan yang baik kepada peserta didik, sehingga pendidikan akhlak tidak hanya sekedar dalam materi pelajaran, perintah dan larangan saja. Dengan metode-metode pendidikan ini diharapkan akan mencapai tujuan yang dicita-citakan oleh pendidikan Islam. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr.Sangkot Sirait
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak , Syekh Abdul Qadir al Jailani
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item