STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011diyah Demangan)

Anto Hartanto, NIM.: 04420907 (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011diyah Demangan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011DIYAH DEMANGAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADASAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011DIYAH DEMANGAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pembelajaran muhadatsah dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran tersebut, serta solusi apa saja yang ambil oleh guru dalam mengatasi kendala pembelajaran muhadatsah di kelas X Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada siswa kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta tentang strategi pembelajaran muhadatsah. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) jenis strategi pembelajaran kemahiran berbicara (1) jenis strategi pembelajaran muhadatsah di kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta ialah termasuk dalam jenis strategi pembelajaran interaktif. Strategi ini menekankan diskusi dan sharing di antara peserta didik. Diskusi dan sharing memberikan kesempatan peserta untuk beraksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan, dan pengetahuan guru atau temannya. Dengan mencakup perencanaan, metode pembelajaran dan evaluasi. (2) Faktor yang menjadi kendala dalam penerapan strategi pembelajaran muhadatsah, yang pertama dari factor siswa : a) Kurangnya minat dan antusias siswa dalam belajar. b) Kesulitan siswa dalam ber-muhadatsah dan kurangnya mufrodat. Yang kedua, factor guru, yaitu : kurangnya jumlah guru pembimbing dan kurang komitmennya para guru dalam mengelola kegitan pembelajaran muhadatsah. Selain itu juga terdapat faktor materi, faktor waktu, faktor fasilitas, faktor lingkungan. (3) Solusi yang diambil oleh guru ialah : a) menum,buhkan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar dengan serius. b) mengadakan kegiatan pembelajaran di asrama guna menambah mufrodat yang dihafal dan meningkatkan kemahiran muhadatsah. c) mengadakan evaluasai kinerja guru yang dilaksanakan pada setiap minggu. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhadi, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Muhadasah, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 13:47
Last Modified: 03 Nov 2023 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum