MODEL PEMBELAJARAN KEAGAMAAN PADA LANSIA UKHWATUN HASANAH DI GADUNGAN PASAR, CANDEN, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA

AZIMAH MUAYYANAH - NIM. 07410102 , (2011) MODEL PEMBELAJARAN KEAGAMAAN PADA LANSIA UKHWATUN HASANAH DI GADUNGAN PASAR, CANDEN, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latarbelakang penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa tentang model pembelajaran keagamaan pada lansia Ukhwatun Hasanah di Gadungan Pasar, Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Hal ini menarik untuk dikaji karena kebanyakan para lansia ini kurang mendalami ilmu agama sewaktu muda. Para lansia membutuhkan pembelajaran agama sebagai bekal kelak di akhirat. Dalam penelitian ini memaparkan tentang proses pembeklajaran, upaya untuk meningkatkan keagamaan lansia dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran keagamaan pada lansia. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memperbaikidan meningkatkan pembelajaran keagamaan lansia yang ada dan mengingatkan para pembaca tentang pentingnya mempelajari agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di lansia Ukhwatun Hasanah Gadungan Pasar, Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Objek dari peneliatian ini berupa pembelajaran keagamaan lansia Ukhwatun Hasanah. Subjek dari penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu responden dan informan. Responden berupa lansia dan pembelajaran keagamaan, sedangkan informannya berupa para ketua dan pengajar lansia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi perkembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) model pembelajaran keagamaan lansia Ukhwatun Hasanah menggunakan model bandongan yang mengkaji kitab kuning 2) upaya peningkatan keagamaan lansia dengan meningkatkan dan menambah amaliyah, mengadakan pengajian-pengajian,melakukan ibadah-ibadah, dan membiasakan membaca Al Quran. 3) faktor pendorong pelaksanaan model pembelajaran lansia diantaranya: keterampilan pengajar dalam menyampaikan materi dan adanya semangat dari lansia untuk terus belajar. Faktor penghambat pelaksanaan model pembelajaran keagamaan pada lansia diantaranya kurangnya kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran dan masih adanya beberapa lansia yang kurang memperhatikan pembelajaran. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keagamaan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item