PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

DWI WAHYUDI - NIM. 07410251 , (2011) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pengajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Madrasah Tsanawiyah Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan eksperimen. Adapun analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari data itu kemudian ditarik kesimpulan. Pemerikasaan uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik triangulasi data, yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) lapangan dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persiapan pelaksanaan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pengajaran Aqidah-Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta terdiri dari 2 hal, yaitu pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP). (2) Proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pengajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta meliputi 3 tahap, yaitu tahap awal (Pra Instruksional), tahap inti (Instruksional) dan tahap akhir. (3) Hasil Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terdiri dari penilaian proses dan hasil akhir.Penilaian proses dapat ditujukkan dengan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, Siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan Suasana kelas menjadi hidup. Sedang penilaian akhir dengan menggunakan 3 ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. (4) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Faktor pendukungnya, yaitu; adanya kemauan siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, adanya rencana pembelajaran yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa, sikap guru yang ramah, sabar, dan professional dalam membimbing pembelajaran, dan adanya metode pembelajaran yang mengandung permainan yang mendidik. Adapun faktor penghambatnya, yaitu adanya keterbatasan waktu untuk jam pembelajaran Aqidah Akhlak, yaitu 2 jam pembelajaran dalam waktu 1 minggu, padahal materinya cukup banyak, waktu untuk pelajaran Aqidah Akhlak selalu ada pada jam siang sehingga siswa kurang semangat karena banyak yang merasa lelah suara guru yang kurang keras sehingga siswa masih ada yang sering tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, dan siswa masih ragu-ragu dan belum percaya diri untuk belajar kelompok serta mengungkapkan pendapat. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Aqidah Akhlak
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6273

Actions (login required)

View Item View Item