HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN PATUK TAHUN AJARAN 2010-2011

Eko Nuryadi, NIM.: 07480030 (2011) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN PATUK TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN PATUK TAHUN AJARAN 2010-2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN PATUK TAHUN AJARAN 2010-2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya sebuah perhatian orang tua yang terlaksana dengan baik tentu dapat meningkatkan prestasi belajar para peserta didik. Tetapi kenyataannya ketika perhatian orang tua terlaksana dengan baik, masih saja ada peserta didik prestasi belajarnya kurang bagus, sedangkan disisi lain ada yang perhatian orang tuanya kurang terlaksana dengan baik, tapi prestasi belajar peserta didik bagus. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: seberapa tinggi tingkat perhatian orang tua siswa kelas IV MIN Patuk Gunungkidul terhadap putra-putrinya, bagaimana prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2010-2011, dan apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MIN Patuk Gunungkidul tahun ajaran 2010-2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MIN Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IV sebanyak 11 orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas angket menunjukkan dari 26 butir angket semuanya terbukti valid, sedangkan hasil reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0.906 dan dinyatakan reliabel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perhatian orang tua terhadap putra-putrinya tergolong sangat tinggi dengan skor rata-rata 118,45. 2) Hasil prestasi belajar IPS kelas IV dengan rata-rata 61,11 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar tersebut termasuk dalam tergolong tinggi. 3) untuk membuktikan ada tidaknya perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa, hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik product moment sebesar 0,757 maka antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MIN Patuk Gunungkidul Tahun Ajaran 2010-2011. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pola Asuh, Orang Tua
Subjects: Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 10:58
Last Modified: 03 Nov 2023 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum