NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL 9 MATAHARI KARYA ADENITA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA

ENDAH AYUNINGTYAS A. - NIM. 07410042 , (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL 9 MATAHARI KARYA ADENITA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah novel sebagai salah satu karya sastra bukan hanya dapat dinikmati sebagai media yang dapat memberikan hiburan semata. Novel juga mengandung nilai pendidikan dan pesan moral yang dapat ditransformasikan kepada para pembaca. Sehingga novel sebagai media alih nilai bermanfaat membentuk kepribadian seseorang dan mengarahkannya sesuai dengan nilai-nilai yang dikandungnya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel 9 Matahari karya Adenita. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel 9 Matahari dan implikasinya terhadap pendidikan di lingkungan keluarga. Penelitian ini memilih novel 9 Matahari karya Adenita karena diasumsikan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berimplikasi terhadap pendidikan di lingkungan keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu sumbangan bagi kemajuan pendidikan Islam ke depan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) Menggunakan pendekatan filosofis teoritis dan sosiologi sastra, metode analisis data yaitu dengan analisis isi, menganalisis dari kutipan novel sehingga dijelaskan pada kesimpulan yang objektif dan sistematis. Hasil dari penelitian ini, nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel 9 Matahari diklasifikasikan ke dalam tiga dimensi. Dimensi spiritual meliputi; nilai pendidikan untuk bersikap ikhlas, membiasakan diri berbuat ihsan, menghormati dan menghargai orang lain (tasamuh), jujur (shidiq), bertawakal kepada Allah, sabar dalam menempuh ujian, menjauhi perbuatan syirik, tidak membalas dendam, memaafkan, mendekatkan diri kepada Allah (muraqobah), ridha terhadap qodla' dan qodar Allah, bersyukur kepada Allah, menjaga diri dari perilaku sombong, berbakti pada orang tua (birrul walidain). Dimensi budaya segi kepribadian yang mantap dan mandiri meliputi; nilai pendidikan untuk pentingnya menuntut ilmu, berfikir positif (husnudhon), tanggungjawab terhadap keluarga. Sedangkan segi tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan diantaranya; nilai pendidikan untuk saling tolong-menolong (ta'awun), tanggung jawab kebangsaan, pentingnya tali silaturahim. Dimensi kecerdasan yang terdiri dari; nilai pendidikan akan pentingnya optimis dalam berusaha, bekerja keras, profesionalisme dalam bekerja, mengevalusi diri dan memperbaiki diri, pentingnya mengasah keterampilan, memahami tugas dan kewajiban manusia. Sedangkan implikasi nilai-nilai pendidikan islam tersebut dalam pelaksanaan pendidikan di lingkungan keluarga diantaranya terdapat dalam beberapa aspek yaitu; pentingnya pendidikan dalam lingkungan keluarga, fungsi keluarga,keluarga dan tanggung jawab pendidikan, keluarga dan proses sosialisasi, serta keluarga dan proses pertumbuhan afeksi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Munawwar Khalil, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam , Lingkungan Keluarga
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item