EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118

MUHAMMAD ARDI WICAKSONO - NIM. 06730010, (2011) EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi secara kuantitatif seberapa besar efektivitas iklan billboard pada masyarakat dengan menggunakan analisis DRM( Direct Rating Method) terhadap iklan layanan masyarakat Yogyakarta Emergecy Services YES 118 di Jalan Kolonel Sugiono pada Masyarakat pengguna jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Keberhasilan iklan Billboard tersebut dianggap efektif jika mendapat perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) adalah amp;#8805; 60%. Pengujian variabel-variabel tersebut menggunakan skala likert terhadap 100 responden dengan teknik random sampling terhadap pemakai jalan di jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Angket dan observasi adalah alat pengumpul data. Validitas angket menggunakan teknik pearson correlation dan skor total menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian terhadap 100 responden menunjukkan bahwa perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) berada di atas rerata ideal 60%, yaitu 66.996 = 67%. Pemodelan efektivitas iklan Billboard tersebut menunjukkan bahwa dimensi Attention: 3.454x20 :5 = 13,816 dimensi Read throughness: 3,45x20 :5 = 13,8dimensi cognitve: 3,115x20 :5 = 12.46 dimensi affective: 3,55x20 :5 = 14,2 dimensi sikap/behavior: 3.18x20 :5 =12.72 sehingga nilai Direct rating: 66.996. Kesimpulan bahwa berdasarkan nilai Direct rating efektivitas adalah iklan billboard YES 118 Yogyakarta sebesar 66,996 yang termasuk dalam kategori iklan baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Fatma Dian Pratiwi, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: iklan Billboard, emergency service Yes 118
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item