EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118

MUHAMMAD ARDI WICAKSONO, NIM.: 06730010 (2011) EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS IKLAN BILLBOARD YOGYAKARTA EMERGENCY SERVICE YES 118)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengidentifikasi secara kuantitatif seberapa besar efektivitas iklan billboard pada masyarakat dengan menggunakan analisis DRM( Direct Rating Method) terhadap iklan layanan masyarakat Yogyakarta Emergecy Services YES 118 di Jalan Kolonel Sugiono pada Masyarakat pengguna jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Keberhasilan iklan Billboard tersebut dianggap efektif jika mendapat perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) adalah amp;#8805; 60%. Pengujian variabel-variabel tersebut menggunakan skala likert terhadap 100 responden dengan teknik random sampling terhadap pemakai jalan di jalan Kolonel Sugiono Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Angket dan observasi adalah alat pengumpul data. Validitas angket menggunakan teknik pearson correlation dan skor total menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian terhadap 100 responden menunjukkan bahwa perhatian, pemahaman, kemampuan menggugah perasaan, kemampuan iklan mengubah perilaku, dan mengarahkan tindakan lebih lanjut (attention, read throughness, cognitive, affective, and behavior) berada di atas rerata ideal 60%, yaitu 66.996 = 67%. Pemodelan efektivitas iklan Billboard tersebut menunjukkan bahwa dimensi Attention: 3.454x20 :5 = 13,816 dimensi Read throughness: 3,45x20 :5 = 13,8dimensi cognitve: 3,115x20 :5 = 12.46 dimensi affective: 3,55x20 :5 = 14,2 dimensi sikap/behavior: 3.18x20 :5 =12.72 sehingga nilai Direct rating: 66.996. Kesimpulan bahwa berdasarkan nilai Direct rating efektivitas adalah iklan billboard YES 118 Yogyakarta sebesar 66,996 yang termasuk dalam kategori iklan baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fatma Dian Pratiwi, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: iklan Billboard, emergency service Yes 118
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jul 2023 10:56
Last Modified: 28 Jul 2023 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum