EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK IKLAN L-MEN VERSI EYES ON YOU, TRUST ME IT WORK DAN DREAM ON MAN)

PUJI SUKISWANTI - NIM. 06730003, (2011) EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM IKLAN (STUDI ANALISIS SEMIOTIK IKLAN L-MEN VERSI EYES ON YOU, TRUST ME IT WORK DAN DREAM ON MAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK L-MEN versi eyes on you, trust me it works, dan dream on man peneliti angkat karena iklan-iklan tersebut merupakan iklan dengan target sasaran laki-laki, sehingga berpotensi adanya bias gender dalam hal bagaimana peran dan posisi sosial perempuan ditampilkan. Iklan ini menunjukkan adanya gejala eksploitasi terhadap tubuh perempuan, karena beberapa iklan tersebut menampilkan perempuan dalam ekspresi, sikap, tingkah laku perempuan yang menawarkan sensualitas/seksualitas dan terdapat pengambilan gambar yang hanya menunjukkan beberapa bagian tubuh vitalnya secara eksklusif. Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan di atas maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. sejauh manakah eksploitasi tubuh perempuan dalam iklan televisi L-MEN versi eyes on you, trust me it works, dan dream on man? Yang bertujuan Ingin mengetahui sejauh mana iklan televisi L-MEN versi eyes on you, trust me it works, dan dream on man, mengeksploitasi tubuh perempuan sebagai salah satu strategi pemasaran produk. Penelitian ini mengunakan analisis semiotic dengan menggunakan metode penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif, secara harfiah penelitian ini perempuan hanya dijadikan objek semata, dan dalam realitas iklan hanyalah realitas semu yang dibagun oleh para kapitalis yang sengaja untuk untuk mempromosikan produk-produk. Melalui tanda-tanda yang dapat diamati secara visual, setiap frame dalam masing-masing versi iklan L-MEN versi eyes on you, trust me it works, dan dream on man sebagai bahan dalam penelitian ini, dapat dikaji dan ditafsirkan melalui konteks dan kepentingannya dengan memandang aspek latar budaya serta ideologi membentuk bentuk isi iklan-iklan tersebut. Perempuan dalam iklan L- Men dapat disimpulkan bahwasannya dia hanya berperan sebagai pemanis, ia menonjolkan lengan, menonjolkan bibir, menonjolkan dada, menonjolkan pinggul, tidak hanya ditampilkan secara fisik semata mereka juga membuat perempuan jadi mudah tergoda laki-laki, dan agresif. menampilkan kondisi psikis perempuan dalam berbagai karakter seperti mudah tergoda laki-laki, seksi, bergairah. Dan dengan adanya shot-shot yang mengeksploitir beberapa bagian tubuh tertentu seperti rambut, alis, mata, bibir, pundak, dada (payudara), dan pantat, disertai bahasa tubuh dan ekspresi yang menunjang terbentuknya image seksi pada iklan ini. kemudian sensualitas perempuan dalam iklan ini juga telah mengungkap bahwa iklan yang juga membawa kepentingan ekonomi, ini seperti telah dikuasai semacam libidonomic iklan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ekploitasi, perempuan, dalam, iklan.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6302

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum