FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II

Erlina, NIM.: 07480003 (2011) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran Matematika, guru sering menghadapi masalah adanya siswa yang tidak dapat mengikuti pelajaran dengan lancar. Dengan kata lain, guru sering menghadapi siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar Matematika. Oleh karena itu perlu dilakukan diagnosis faktor-faktor kesulitan belajar Matematika, apakah siswa mengalami kesulitan belajar dalam bahasa, kesulitan belajar dalam berhitung, atau kesulitan belajar dalam memahami konsep. Penggunaan diagnosislah yang dapat mengetahui penyebabnya sehingga memudahkan cara untuk mengatasinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) faktor-faktor kesulitan belajar Matematika apa sajakah yang dapat diidentifikasi dari siswa kelas VB MIN Yogyakarta II, (2) bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar Matematika siswa kelas VB MIN Yogyakarta II. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi faktor-faktor kesulitan belajar Matematika yang diambil dari hasil wawancara dengan siswa dan guru beserta hasil pengisian angket yang diberikan pada siswa dan wali/orang tua siswa, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi dan dokumentasi video, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan persentase faktor-faktor kesulitan belajar Matematika siswa tergolong dalam kategori tinggi karena angka persentase 62,51 81,25%. Berikut adalah perinciannya, untuk indikator kecakapan siswa dalam mengikuti pelajaran adalah 67,71%, indikator minat belajar adalah 75%, indikator kebiasaan belajar adalah 73,96%, indikator faktor kesehatan adalah 73,34%, indikator cara guru dalam memberikan pelajaran adalah 80,21%, dan indikator faktor orangtua adalah 80,48%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2023 15:02
Last Modified: 17 Nov 2023 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum