EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E

ALFIATUS SHOLIHAH, NIM.: 06600011 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs N Giriloyo. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas VII semester I MTs N Giriloyo tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan variabel terikatnya berupa hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Giriloyo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 4 kelas terdiri dari 115 siswa. Pengambilansampel dilakukan secara acak kelas karena populasi pada penelitian ini homogendan diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan soal posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel independen (independent sample t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta kriteria keefektifan dalam pembelajaran. erdasarkan analisis diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tes didapatkan rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 7,27 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol sebesar 6,11. Dengan demikian rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Muhammad Abrori, M. Kom, 2. Syariful Fahmi, S. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 27 Jul 2023 10:44
Last Modified: 27 Jul 2023 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum